Pencucian dan Perawatan

Sebenarnya, tidak ada instruksi khusus mengenai cara mencuci clodi, hanya memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang cara perawatan clodi agar awet dan tetap nyaman bagi bayi dan bagi anda.

1. Cuci clodi setidaknya 2 kali sebelum pemakaian pertama (pre-wash)

Ini untuk memastikan daya serap kain dan akan membuat popok “mengembang”. Jika tidak melalui pre-wash, popok tidak akan menyerap urin dengan layak karena selama proses pembuatan, terdapat lapisan lilin pada kain. Cara pre-wash yang baik untuk popok adalah dengan mencucinya setidaknya 2 kali. Hindari pelembut karena akan membentuk lapisan lilin pada cloth diaper yang akan menyebabkan popok meneruskan air bukannya menyerapnya. Sebagian besar deterjen bayi mengandung sedikit pelembut kain dan oleh karenanya tidak dapat digunakan untuk mencuci cloth diaper.

 

2. Cara menghilangkan noda

Daripada menggunakan banyak deterjen, lebih baik anda menggantinya dengan baking soda. Jangan pernah menggunakan pemutih karena akan menghancurkan serat alami, termasuk kulit dan dapat merusak sintetis modern seperti PUL dan elastik. Menjemur dibawah sinar matahari juga dapat membantu menghilangkan noda pada insert microfiber dan liner.

 

3. Stripping

Stripping adalah proses menghilangkan sisa deterjen yang tertimbun pada clodi. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk stripping, salah satunya adalah dengan menggunakan air hangat/panas untuk merendam clodi. Jangan gunakan air panas pada clodi dengan lapisan PUL karena dapat merusak lapisan ini dan insert microfiber karena dapat merusak serta. Cara lain adalah dengan merendam clodi pada campuran 1/4 cangkir cuka dan 1/2 ember air. RLR juga bisa digunakan untuk stripping. Lakukan stripping secara rutin setidaknya sebulan sekali.

 

4. Mencuci dengan mesin cuci

Pada umumnya, clodi dapat dicuci baik dengan mesin cuci maupun dengan tangan, kecuali beberapa clodi secara jelas melarang pencucian dengan mesin cuci, contoh: insert bamboo pempem. Dengan demikian, anda bebas dapat menentukan cara mencuci clodi. Jika ingin menyimpan clodi kotor untuk menunggu waktu pencucian selanjutnya, clodi bisa diletakkan di dalam ember terbuka dalam keadaan kering, lebih baik lagi jika insert bisa digantung dibibir ember atau tempat lain dengan sirkulasi udara yang baik untuk mencegah timbulnya jamur apalagi untuk insert organik. Jangan merendam clodi terlalu lama karena dapat menurunkan kualitas kainnya.

 

5. Pengeringan Clodi

Hampir semua clodi dan bagiaannya boleh di spin di mesin cuci kecuali dinyatakan sebaliknya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjemur clodi, diantaranya:

  • pocket dan cover clodi sebaiknya jangan dijemur dibawah sinar matahari secara langsung terlebih cover karena dapat merusak PUL clodi.
  • insert dengan bahan organik (katun, bamboo dan hemp) jangan dijemur¬†dibawah sinar matahari secara langsung¬†karena akan merusak serat bahan dan menyebabkan insert menjadi kaku.

 

Jangan menstrika clodi.

 

Referensi:

www.rumahpopok.com

www.indonesia.bumwear.com

www.ecobum.net

 

Kyla’s note: RLR bukan deterjen tetapi digunakan dalam perawatan clodi untuk menghilangkan sisa deterjen.

, ,